Kamis, 14 Maret 2013

MENENTUKAN MASA SUBUR WANITA AGAR CEPAT HAMIL

 Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur bagi Wanita agar segera bisa hamil, maka tentu tulisan ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda.

Berikut adalah tips atau cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil selengkapnya yang bisa Anda simak melalui pemaparan dibawah ini:

Berdasarkan Perhitungan Basal Body Temperature (BBT)

Maksudnya disini adalah suhu tubuh pada saat terjaga, yang biasanya dihitung pada pagi hari. Pencatatan harus dilakukan setiap pagi,pada jam yang sama misalnya jam 7 pagi. Pada saat terjadinya Ovulasi, hormon progesteron akan mendorong suhu tubuh naik sekitar 0.2 derajat celcius. Cara ini memang agak sulit dilakukan, karena dibutuhkan komitmen dan konsistensi.Alat yang dipergunakan adalah termometer.

Berdasarkan Perubahan Lendir Vagina (Mucus)

Mucus mengalami perubahan penampilan saat haid,dari basah, kental keruh sampai putih licin seperti putih telur pada puncak subur. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan tes jari. Mucus pada saat subur berpenampilan putih,licin dan tidak mudah pecah/melar.

Berdasarkan Siklus Haid

Pada umumnya siklus haid setiap wanita berbeda-beda, ada yang panjang, pendek dan ada juga yang tidak teratur.Namun biasanya ovulasi terjadi 12 hingga 16 hari sebelum haid berikutnya. Agar cepat hamil perhitungan berdasarkan siklus haid ini biasanya lebih efektif.

Sistem Kalender

Menentukan masa subur dengan menggunakan sistem kalender ada dua cara yaitu :
Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Penggunaan Tools Penghitung Masa Subur

Banyak tools atau software yang sekarang beredar yang dapat digunakan untuk menghitung masa subur. Dalam tool tersebut anda hanya tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) setelah itu akan muncul tanggal perkiraan masa subur seseorang.

Demikianlah beberapa metode cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil yang bisa disampaikan kepada Anda melalui artikel ini, semoga informasi yang sudah Anda baca kiranya bermanfaat bagi Anda.



Hubungan sex agar cepat hamil


Apakah Anda menunggu waktu untuk hamil, namun kehamilan tersebut tampaknya tidak segera datang? Jangan khawatir, ada tips mudah yang dapat Anda lakukan agar cepat hamil dan segera memiliki keturunan setelah menikah. Apa saja tips tersebut? Salah satu tips mudah dan natural cara cepat hamil adalah dengan berhubungan seks setidaknya tiga kali dalam seminggu. Jenis hubungan seksual secara teratur telah terbukti cukup efektif dalam membuat seseorang hamil lebih cepat.

Dengan memiliki seks teratur kesempatan tidak kehilangan setiap ovulasi yang membuat Anda hamil akan berada di tangan Anda. Selanjutnya langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah memprediksi waktu ovulasi Anda menggunakan kit tertentu untuk memantau ovulasi, sehingga Anda tahu persis saat yang tepat harus berhubungan seks.Dalam banyak kasus semacam ini kit ovulasi pemantauan sangat efektif dalam membantu Anda untuk segera cepat hamil karena Anda selalu bisa melakukan seks selama saat subur Anda.

Namun berhubungan seks sebelum waktu ovulasi Anda tetap sah-sah saja. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa telur masih akan bertahan selama sekitar dua puluh empat jam setelah waktu ovulasi dan sperma dapat hidup selama tiga sampai lima hari. Untuk berbagai alasan, membuat hubungan seksual sebelum waktu ovulasi akan memberikan peluang lebih tinggi mendapatkan kehamilan. Untuk membuat Anda hamil cepat Anda tidak harus selalu bergantung pada kalender untuk waktu ovulasi, karena dapat selalu berubah. Anda lebih baik menggunakan kit tertentu untuk membantu Anda mencari tahu waktu ovulasi Anda yang lebih akurat daripada menggunakan sistem kalender tersebut.

Hal berikutnya yang tidak kalah penting ketika Anda ingin segera cepat hamil dan punya anak adalah mengunjungi dokter untuk konsultasi. Ini merupakan langkah terbaik, karena dokter lah yang tahu persis tentang kesuburan serta kondisi Anda. Selain itu, ini adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan dan aman. Dengan melihat dokter Anda secara teratur Anda akan mengetahui kondisi Anda apakah Anda berada dalam kesehatan yang baik atau tidak.


Tips agar cepat hamil dan punya anak


Agar cepat hamil dan segera punya anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu pola hubungan seksual. Hal ini yang sekiranya sering tidak dimengerti oleh masyarakat, padahal pola dan posisi dalam melakukan hubungan seksual ikut berperan dalam proses terjadinya kehamilan. Sehingga pasangan muda mudi yang baru menikah bisa segera mendapatkan anak atau keturunan yang di idamkan.
Berikut ini adalah beberapa posisi hubungan suami istri yang sangat dianjurkan untuk memperbesar kemungkinan sperma tinggal lebih lama didalam vagina sehingga terjadi pembuahan oleh sel telur :
  • Pada waktu bersenggama angkatlah tubuh wanita dengan posisi kedua kaki wanita bersandar pada kedua pundak pria, sehingga letak liang vagina dalam posisi tegak lurus. Pada posisi ini menjamin agar sperma yang disemprotkan itu bisa tertampung langsung di atas ujung liang vagina dekat leher rahim.
  • Posisi dimana pria diatas wanita sambil mengganjal panggul wanita dengan sebuah bantal berukuran kecil atau sedang. Posisi ini  memungkinkan sperma akan mengendap lebih lama dan memiliki kesempatan untuk berenang melalui leher rahim.
  • Disarankan untuk tidak menggunakan bantal yang terlalu besar. Hal ini merugikan karena sperma yang masuk akan tergengan di belakang leher rahim, sebelum akhirnya terbuang keluar.
  • Posisi doggie style yaitu dimana  pria melakukan penetrasi dari belakang wanita. Sikap tubuh ini  selain memungkinkan penyusupan yang mendalam juga memuaskan ke dalam lubang vagina. Hal ini juga dianjurkan bagi wanita yang memiliki kelainan posisi rahim atau rahim terbalik. Posisi ini memudahkan semburan cairan semen berisi sperma masuk kedalam rahim.
Pada waktu ejakulasi antar pasangan berakhir, usahakan selama 10-20 menit agar wanita tetap dalam posisi berbaring. Janganlah beranjak dulu dari sikap tiduran ini karena dalam menit waktu ini cairan semen akan mencair, dan jika wanita bangkit cairan semen akan mengalir kembali ke vagina dan suasana asam membuat sperma melemah dan mati.

Makanan Agar Cepat Hamil


Makanan agar cepat hamil yang mempengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi.
Ketika berbicara tentang tips atau cara cepat hamil, Anda harus ingat bahwa meskipun hubungan seksual adalah faktor utama, ada faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kesuburan yaitu makanan. Faktor makanan ini mungkin seringkali diabaikan oleh masyarakat, padahal tidak kalah pentingnya juga karena dapat meningkatkan kesuburan baik dari pihak laki-laki maupun perempuan.

Mengapa makanan dapat mempengaruhi kesuburan anda? karena kualitas makanan secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan kelancaran kerja-fungsional organ-organ tubuh. Termasuk pula disini adalah organ-organ reproduksi yang akan menentukan apakah seseorang (pria maupun wanita) itu subur / fertile. Anda harus bisa memastikan makanan yang anda konsumsi sudah cukup gizi, vitamin dan mineralnya, demikian pula dengan suami.

Apa saja jenis makanan agar cepat hamil? Asam folat adalah baik bagi pria dan wanita. Pada wanita, asam folat bukan hanya baik untuk kesehatan sistem reproduksi, tetapi juga membantu dalam mencegah cacat lahir tertentu. Pada pria, beberapa studi menunjukkan bahwa memiliki asam folat yang lebih rendah dapat meningkatkan beberapa kelainan pada sperma. Beberapa makanan yang mengandung asam folat diantaranya yaitu: kacang polong, gandum, brokoli, pisang, pepaya,  bayam, kangkung, daun salada, kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, dan stroberi.

Makanan yang bersifat alkali seperti sayuran, buah-buahan (dari jenis non-jeruk) dan kecambah sangat baik untuk wanita yang berusaha agar cepat hamil. Hal ini karena lendir serviks asam akan membunuh sel sperma, mencegah atau membuat lebih sulit untuk fertilisasi dan konsepsi (pembuahan) terjadi. Makanan yang bersifat alkali adalah non-asam. Serat serta air dapat berfungsi dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan Anda ketika Anda mencoba untuk hamil. Zinc juga berguna karena tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga membantu sel sperma yang sehat dalam membuahi sel telur.

Harap diingat meskipun makanan yang disebutkan diatas membantu terjadinya pembuahan, tetap harus ditunjang dengan kondisi tubuh anda sendiri. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan sebugar mungkin bisa menjadi langkah besar untuk mencapai tujuan Anda agar cepat hamil.

Ciri-ciri wanita hamil


Ciri-ciri wanita hamil atau tanda kehamilan merupakan pengetahuan yang harus diketahui oleh pasangan muda. Meskipun ciri-ciri orang hamil bisa berbeda-beda tiap individu, namun tidak ada salahnya anda mengetahui ciri-ciri kehamilan yang biasa dialami oleh orang lain siapa tahu anda mengalami hal yang sama dikemudian hari. Berikut adalah ciri fisik maupun psikis yang biasa umum terjadi maupun kadang terjadi pada wanita yang sedang hamil:

Mual-mual dan muntah
Ini merupan ciri-ciri hamil yang paling umum dan sering dikenal oleh masyarakat. Penyebabnya adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah. Kadar hormon progesteron yang harus tinggi berfungsi untuk mempertahankan kandungan agar tidak terjadi keguguran.

Payudara terasa sakit atau nyeri
Hal ini disebabkan oleh karena meningkatnya produksi hormon estrogen dan progeteron.

Rasa lelah yang berlebih
Perubahan hormon dan akibat dari kinerja organ-organ vital dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan janin dapat menyebabkan rasa lelah yang berlebih.

Sering buang air kecil
Ketika mulai terjadi kehamilan, tubuh Akan memproduksi cairan tambahan untuk janin. Hal ini yang menyebabkan anda sering buang air kecil.

Sakit kepala dan sulit berkonsentrasi
Perubahan hormon yang begitu beragam didalam tubuh, disertai pula dengan perubahan hormon yang ada di kepala. Sehingga kepala anda kadang akan merasakan sakit sewaktu hamil.

Pertumbuhan rambut dan kuku
Perubahan hormonal menyebabkan kuku akan tumbuh lebih kuat dan rambut akan tumbuh lebih banyak.

Sakit bagian punggung
Sakit punggung sewaktu hamil ini terjadi dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada.

Kram pinggang
Gejala kram akan terasa oleh wanita hamil karena rahim mulai membesar dan merenggang untuk menyiapkan tempat bagi bayi Anda.

Ngidam
Ciri-ciri kehamilan ini sudah sering dikenal masyarakat. Anda menginginkan sesuatu secara tiba-tiba dan harus diturui, yang seringkali terjadi biasanya menginginkan makan buah-buahan yang rasanya asam.

Sembelit
Akibat dari meningkatnya hormon progesterone, otot-otot rahim jadi lebih kendur yang berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Moody
Mood (suasana hati) yang sering berubah-ubah ketika hamil disebabkan oleh karena banyaknya hormon-hormon baru yang muncul ditubuh Anda.

Temperatur tubuh meningkat
Pada waktu terjadi kehamilan, maka suhu tubuh anda akan meningkat karena proses yang terjadi didalam tubuh.

Bau Badan
Hal ini terjadi akibat oleh adanya peningkatan hormon yang berlebihan sehingga menyebabkan kelenjar keringat meningkat.

Pusing
Penyebabnya yaitu karena kadar jumlah gula didalam tubuh yang rendah.

Munculnya bercak darah
Munculnya bercak darah sewaktu kehamilan ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio.

Perut Membesar (buncit)
Ciri fisik hamil ini paling mudah diketahui, perut yang membesar disebabkan adanya pertumbuhan janin didalam rahim. Kebanyakan wanita mulai tampak pembesaran perutnya pada kehamilan 16 minggu.
Memiliki pengetahuan ciri-ciri hamil sangat penting sekali bagi pasangan yang baru menikah. Karena dengan mengetahui tanda-tandanya sejak dini akan membantu anda mempersiapkan kelahiran bayi kelak, juga untuk menjaga kesehatan janin bayi dan ibu yang mengandungnya.

0 komentar:

Posting Komentar